Haram dan Tidak Haram Bagi Kristen

Posted: 17 September 2011 in IMAN
Babi itu Halal bagi Kristen

Memang benar, tetapi yang dimaksud secara jelas adalah Babi Hutan, Unta, Pelanduk dan Kelinci Berikut cuplikan dari Imamat 11: 3-7 “setiap binatang yang berkuku belah, yaitu yang kukunya bersela panjang, dan yang memamah biak boleh kamu makan. Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu. Juga pelanduk, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah; haram itu bagimu. Juga kelinci, karena memang memamah biak, tetapi tidak berkuku belah, haram itu bagimu. Demikian juga babi hutan, karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu. ”
Kitab Imamat merupakan bagian dari Kitab Perjanjian Lama, dan juga masih tergabung dalam kitab Taurat (Kitab Suci agama Yahudi). Meskipun begitu, oleh Yesus di Kitab Perjanjian Baru, aturan tersebut tidak lagi sekedar aturan yang bersifat kebiasaan dari tingkah laku tata cara makan, tetapi digenapi menjadi perilaku yang hakiki bahwasannya segala sesuatu yang masuk kedalam mulut tidaklah najis, tetapi segala sesuatu yang keluar dari mulut, itulah yang najis. Karena yang keluar dari mulut manusia itulah akan memunculkan pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat Bahkan di Indonesia ada ibarat yang menyatakan bahwa mulut kita dapat lebih tajam dari pisau. Berikut cuplikan dari Kitab Perjanjian Baru, Matius 15: 17-20.

“Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban? Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat. Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s