Ujian Wanita Kristen: Kenapa Wanita Kristen Tanpa Kerudung?

Posted: 17 September 2011 in ALKITABIAH
Burka: Diskriminasi Extrem terhadap Wanita

Kita pasti bingung dengan ayat 1 Kor  11:2-16 tentang “Hiasan Kepala Wanita”.nit

(2) Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.

Di ayat ini Paulus mengatakan kepada kita dia sangat memuji umat Kristiani. Karena kita selalu ingat akan ajaran yang diberikannya mengenai Yesus Kristus. Kemudian Paulus mengingatkan kembali kepada kita, tentang satu hal yang menjadi dilema kita selama ini.

(3) Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.

Pada hakikinya Yesus adalah kepala umat, dan umatnya sendiri adalah tubuh-Nya. Dapat kita lihat melalui perikop Yohanes 15:5 “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” Mengenai Pokok anggur dan Kepala adalah analogi yang sama yang menyatakan bahwa kita tidak akan bisa hidup tanpa Kristus. Hidup tanpa keyakinan kepada Yesus adalah maut. Bagi kita yang memiliki keyakinan kepada Yesus tentunya kita mengikuti segala sesuatu yang telah diajarkan Yesus kepada kita, sebaliknya jika kita tidak berjalan di atas dasar teladan Yesus Kristus (Perintah dan Larangan-Nya) upahnya adalah maut. Roma 6:23 “Sebab upahdosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.”

Baiklah kepada Topik sebenarnya. Paulus ingin mengingatkan kepada kita dan mencoba melatih hati nurani, benar atau tidaknya keputusan yang kita ambil terhadap suatu gambaran yang diberikan Paulus. Makanya Paulus bertanya kepada kita dengan pertanyaan yang sama dengan artikel ini “(13) Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?” Sebuah ujian bagi kita khususnya para perempuan Kristen untuk mengasah hati nurani kepada bagian hidup kita sendiri sebagai laki-laki, yakni perempuan. Tentunya jika ada pelajaran, itulah pertanyaan ujian buat kita.

(3) Tetapi aku mau, supaya kamu mengetahui hal ini, yaitu Kepala dari tiap-tiap laki-laki ialah Kristus, kepala dari perempuan ialah laki-laki dan Kepala dari Kristus ialah Allah.
(4) Tiap-tiap laki-laki yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang bertudung, menghina kepalanya.
(5) Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.
(6) Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.
(7) Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.
(8) Sebab laki-laki tidak berasal dari perempuan, tetapi perempuan berasal dari laki-laki.
(9) Dan laki-laki tidak diciptakan karena perempuan, tetapi perempuan diciptakan karena laki-laki.
(10) Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat.
(11) Namun demikian, dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan.
(12) Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan; dan segala sesuatu berasal dari Allah.

Nah selanjutnya, kita akan membedah sesuai dengan hati nurani kita mengenai perikop di atas. Perikop di atas telah digenapkan dengan pernyataan bahwa ..dalam Tuhan tidak ada perempuan tanpa laki-laki dan tidak ada laki-laki tanpa perempuan, Sebab sama seperti perempuan berasal dari laki-laki, demikian pula laki-laki dilahirkan oleh perempuan;dan segala sesuatu berasal dari Allah. Demikian telah terjadi penyetaraan dan Keadilan Tuhan terlihat bahwa baik laki-laki atau perempuan tidak ada perbedaan dan telah disamakan. Karena baik laki-laki dan perempuan sama-sama berasal dari Allah.

Sehingga jika ada pertanyaan Pantas pantaskah seorang perempuan Kristiani mengenakan kerudung? Jawaban kuncinya adalah penyamarataan Allah kepada laki-laki dan perempuan. Laki-laki sama dengan Perempuan dalam arti ‘kemanusiaan’ bukan gender. Laki-laki adalah kepala bagi Istrinya dan istri adalah tubuh dari laki-laki, itu benar! Karena laki-laki adalah pelindung tubuh itu sendiri yaitu istrinya. Suami tidak perlu menggunakan kerudung, untuk bersaksi dan menyampaikan berita, namun perempuan  (istri) harus mengenakannya. Tetapi inilah sebuah test IQ dan EQ ringan buat kita semua. Pada intinya laki-laki akan tetap sama dengan perempuan, demikian sebaliknya. Dan jawabannya adalah “wanita kristiani boleh tidak berkerudung“, Mengapa? lihat perikop berikut:

(15) tetapi bahwa adalah kehormatan bagi perempuan, jika ia berambut panjang? Sebab rambut diberikan kepada perempuan untuk menjadi penudung.

Itu dikarenakan tudung itu sendiri telah ada di kepala para Perempuan, yaitu rambutnya sendiri. Dan itu telah menggantikan peran kerudung dalah hidup berjemaat Kristiani. Jadi jika ada orang non-Kristiani mengutip ayat di atas untuk memojokkan kita tentang “Pengharusan Kerudung bagi Perempuan”. Sebagai wanita Kristen jawablah dengan halus, Tuhan telah memberikan kerudung yang lebih baik di atas kepalamu dan kepalaku. Tuhan Yesus akan memberikan Nilai A untuk pelajaran yang telah diberikan oleh Paulus kepada anda. Semoga kita semakin bertumbuh dalam iman Yesus Kristus dan berkembang setelah menerima ajaran-Nya dan lulus dari ujian-Nya.

Aleluya!!!

Yohanes 20: (29) Kata Yesus kepadanya: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s